Tuesday, May 08, 2012

I Love Flying...

I love flying, so wonderful and great... Bagaimana manusia akhirnya bisa terbang? Tentu terinspirasi oleh burung. Masalahnya, bila burung dikaruniai Tuhan dengan sayap, manusia tidak. Tapi, manusia adalah makhluk yang diberi Tuhan kecerdasan dan olah pikir. Dari situlah manusia mulai berusaha meniru burung untuk bisa terbang.

Adalah filusuf, ilmuwan, dan seniman dunia Leonardo da Vinci pada tahun 1500 M yang pertama membuat sketsa manusia bersayap di buku catatannya. Idenya ini kemudian dikembangkan oleh  ilmuwan-ilmuwan lainnya seperti Robert Hooke, Joseph dan Etienne Montgolfier (melalui balon udara), Sir George Cayley, William Samuel Henson, Otto Lilienthal, hingga Wilbur dan Orville Wright yang membuat pesawat sayap ganda the Flyer tahun 1903. Pada tanggal 17 Desember di tahun itu, Wright bersaudara akhirnya mewujudkan ide manusia untuk bisa terbang menggunakan pesawat bermesin. Mereka berhasil terbang selama 98 detik dalam empat sortie di Kitty Hawk, North Carolina.

Yes, manusia akhirnya bisa terbang. Ilmu pun terus berkembang hingga lebih satu abad sejak saat itu, manusia sudah berhasil membuat beragam pesawat bahkan terbang hingga ke luar angkasa dan mendaratkan manusia di Bulan.

Ada dua hal pokok yang mendasari ilmu ini sehingga manusia bisa mengeksplorasi jagat raya. Tidak lain adalah prinsip terbang (Priciples of Flight) dan mesin (Power Plant). Dua mata pelajaran ini pula yang antara lain diberikan kepada siswa Rajawali Citra Nusa Pilot School (RCN) Batch II A yang tampak sedang menjalani pendidikan Ground PPL di Kampus RCN, Cireundeu, pada Selasa, 8 Mei 2012. Yuk kita lihat foto-fotonya. (RCN)
Yang belum mengerti tanya ya...
Oh begitu ya Capt...
Prinsip kerja mesin pesawat
Ow... Ini bukan iklan, hehe
Gak sabar nih, pengin terbang...
Camkan dan simpan di otak...
Love Flying...
Coba lihat video ini...
Prinsip-prinsip terbang
Belajar yang benar ya...
Pelajaran dan instruktur
RCN, sekolah kami...

1 comment:

  1. aslm wr wb
    saya mau tanya pak, fs ini biayanya berapa yah? denger" bisa dicicil yah pak, cicilannya bisa dibayar setelah menjadi pilot (fo). mohon pencerahannya pak. di email aja pak ke a17_fikri_muhamad@yahoo.com
    ditunggu pak trimakash

    ReplyDelete