Friday, May 04, 2012

Chef Jay Bikin Siswa Jadi Gemuk...

NAH yang ini adalah juru masak alias koki di Rajawali Citra Nusa Pilot School (RCN). Namanya adalah Chef Jay. Pria jangkung asal Cimahi ini mahir banget kalau bikin masakan. Maklumlah, kalau ditanya soal masak memasak, ayah yang baik ini sudah punya pengalaman sejak tahun 1990. Kegemarannya memasak diawali di rumah. Setelah itu Om Jay yang lulusan sekolah pariwisata jurusan food and beverage di Bandung ini bekerja sebagai private chef untuk keluarga orang asing. Setelah itu kerjanya berlanjut di beberapa hotel di Bandung hingga akhirnya ditarik oleh RCN menjadi juru masak di sini.

Di RCN Chef Jay memasak tiga kali sehari. Diawali pagi jam 05.00 ia sudah berkutat di dapur. Siang hari memasak sekitar jam 11.00 dan sore hari jam 17.00. Baginya memasak untuk 60 porsi hanya butuh waktu tiga perempat jam saja. Makanan pun kemudian sudah tersaji di meja hidang pada pukul 06.00 pagi, pukul 12.00 siang, dan pukul 18.00 untuk makan malam.

Soal menu, ia juga yang mengatur agar para siswa/i tidak bosan makan di kampus RCN. Tidak hanya untuk makan siswa, tapi Om Jay juga menyiapkan makan untuk karyawan dan para instruktur. Jadi, selain siswa/i seluruh karyawan termasuk instruktur juga terjamin makannya alias tak perlu cari warteg atau rumah makan Padang di seputaran Cireundeu.

Pada setiap menu yang ia buat ada empat jenis makanan yang ia siapkan. Pertama adalah daging/ikan/ayam sebagai sumber protein, lalu sayuran (vegetables), kudapan (goreng-gorengan), dan buah-buahan. Selama dua tahun bekerja di RCN (dulu masih ada siswa NFI di sini), masakan Om Jay hampir tak pernah mendapat komplain. "Kalaupun ada komplain, ya karena siswa/i makannya teratur mereka jadi pada gemuk, ha-ha-ha..," ujarnya berkelakar. Ah Om Jay bisa aja..... Hati-hati Om, siswa/i pilot kan berat badanya harus proporsional. (RCN)
Halo Om Jay, lihat ke kamera dong...
Mengiris wortel dengan kecepatan supersonik, hehe
Nih close-up nya
Hupp...dituangkan ke wajan
Rasa masakan mesti dicoba dulu, just make sure...
Nah jadi deh saus spagheti bolognaise-nya

No comments:

Post a Comment